Thariqat Naqsyabandiyah Alkhalidiyah adakan Tawajjuh Akbar


Ribuan Jamaah Thariqat Naqsyabandiyah Alkhalidiyah mengikuti Tawajjuh Akbar wilayah III di Masjid Nurul Yaqin Gampong Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Abdya. Insert Mursyid Thariqat Naqsyabandiyah Alkhalidiyah SY. H. Abdussakam Ghaliby. Sabtu (13/12) foto Nizar
Blangpidie, Citraaceh.com
THARIQAT Naqsyabandiyah Alkhalidiyah wilayah III, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali melaksanakan Tawajjuh Akbar Wilayah III yang dipusatkan di Masjid Nurul Qaqin Gampong Lhang Kecamatan Setia Kabupaten setempat. Sabtu (13/12).

Mursyid Thariqat Naqsyabandiyah Alkhalidiyah Dayah Darul Ulumudiniyah, Syech H Abdussalam Ghaliby yang juga pimpinan Dayah Darul Ulumudiniyah, kepada sejumlah wartawan menyebutkan, kegiatan Tawujuh Akbar tersebut merupakan agenda rutin Thariqat Naqsyabandiyah Alkhalidiyah yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali.

Lebih lanjut Abu menjelaskan, kegiatan Tawajjuh Akbar tersebut diikuti oleh seluruh jamaah yang terdiri dari para Saidul Hkulafa’, Dewan khalifah, ketua jamaah dan anggota jamaah Thariqat Naqsyabandiyah Alkhalidiyah se-wilayah III.

Pada kesempatan tersebut, Abu juga menegaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan selain untuk mendekatkan diri kepada pencipta juga sebagai upaya menyatukan ukhwah islamiyah.”Thariqat semua sumbernya berasal dari Nabi Muhammad SAW. Dalam Tawajjuh Akbar ini kita semua berdoa dengan khusuk kepada Allah SWT,”tegas Abu Abdussalam Ghaliby.

Menuju ke Lamno
Sementara itu, koordinator wilayah Thariqat Naqsyabandiyah Alkhalidiyah, Tgk Gr Rajuddin Ali S.Pd.MM menyebutkan, setelah kegiatan Tawajjuh Akbar wilayah III dilaksanakan, seluruh jamah akan mengikuti Tawajujuh Akbar ke-I wilayah I di Dayah Darul Arifin Lamno, Gampong Meudhen, Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya yang akan dilaksanakan pada Minggu (14/12).

"Tawajjuh Akbar wilayah I ini akan melibatkan seribuan jamaah dari seluruh Kabupaten se-Pantai Barat-Selatan Aceh,"jelas Gr Rajuddin Ali.

 Gr Rajuddin Ali menerangkan, Kabupaten se-Pantai Barat-Selatan Aceh yang akan mengikuti Tawajjuh Akbar wilayah I di Aceh Jaya tersebut meliputi, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kabupaten Simeulu.

"Seluruh jamaah akan dilepaskan dari Masjid Nurul Yaqin Kecamatan Setia Kabupaten Abdya menuju Lamno untuk mengikuti rangkaian kegiatan Tawajjuh Akbar wilayah I,"terang Gr Rajuddin Ali.

Dapat meningkatkan silahturahmi
Camat Kecamatan Setia, Zulkifli SP saat mintai tanggapannya mengakui, pihaknya sangat mendukung acara seperti itu. Menurutnya, kegiatan Tawajjuh Akbar itu sangat bermanfaat di dunia maupun di akhirat kelat.

"Selain itu kegiatan keagamaan seperti ini merupakan salah satu visi misi Bupati dalam rangka menguatkan syiar Islam di bumi Breuh Sigupai ini khususnya,"sebut Zulkifli.

Lebih lanjut disebutkan, pelaksanaan kegiatan tersebut mengandung makna yang sangat strategis, karena disamping meningkatkan  silaturahmi antara guru dan murid juga sekaligus mengkokoh hubungan ukhuwah Islam antara sesama umat.

“Untuk itu, melalui pertemuan ini diharapkan disamping melaksanakan ibadah dengan baik dan seklaigsu dapat membahas berbagai sub sentral keagamaan yang menjadi landasan mengkokoh ukihyuan dan perkembangan islamiyah,”harap Zulkifli singkat.

Pantau Kabar Aceh, dalam Tawajjuh Akbar Wilayah III di Masjid Nurul Qayin tersebut diikuti Muspika plus Kecamatan setempat serta undangan lainya.(TN).

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Pencak Silat Dan Jelajah Alam

Walikota Hadiri Malam Lepas Sambut Dandim 0101/BS

Wiranto Ambil Alih Jabatan Bambang Soeharto Di Hanura