PNS Purna Bhakti Kota Banda Aceh Terima Bantuan Dana Kesejahteraan

Plt Sekda Kota Banda Aceh Ir Bahagia, Dipl.Eng didampingi Kabag Humas Drs Marwan dan Kepala BkPP Dra Emila Sovayana
Banda Aceh, citraaceh.com
Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mengadakan acara Silaturahmi dan Penyerahan Bantuan Dana Kesejahteraan bagi PNS Purnabakti di Lingkungan Pemko Banda Aceh, Senin (8/12) di Aula Lantai IV Balai Kota Banda Aceh.
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banda Aceh, Dra Emila Sovayana, dalam laporannya menyebutkan, program pensiun merupakan jaminan hari tua bagi para PNS. Penyerahan bantuan dana kesejahteraan bagi PNS yang telah memasuki usia pensiun ini adalah yang ketiga kalinya digelar Pemko Banda Aceh. 
"Ini bentuk penghargaan kita kepada para PNS yang telah berbakti untuk Kota Banda Aceh." katanya.
"Per Desember 2014, jumlah PNS di jajaran Pemko Kota Banda Aceh tercatat sebanyak 5.950 orang dan yang sudah memasuki usia pensiun berjumlah 151 orang, termasuk Sekda Drs T Saifuddin MSi," kata Emila.
Baihaqi, yang mewakili para pensiun mengatakan, walaupun sudah memasuki masa purna bakti pihaknya bertekad untuk terus mengambil peran dalam mengisi pembangunan Kota Banda Aceh.
"Kinerja Pemko Banda Aceh di bawah pimpinan almarhum Mawardy Nurdin dan sekarang Ibu Illiza Sa'aduddin Djamal sadah bagus, terutama dari segi birokrasi dan administrasi. Semoga kedepan dapat ditingkatkan lagi," kata dia.
Pria yang sudah berdinas selama 38 tahun dalam bidang pendidikan itu juga mengharapkan agar pemerintah memberi perhatian lebih untuk dunia pendidikan. 
"Pendidikan merupakan modal awal pembangunan bangsa," tutupnya.
Selanjutnya, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banda Aceh, Ir Bahagia, Dipl.Eng mewakili Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE, menyerahkan secara simbolis bantuan dana kesejahteraan kepada empat pensiunan PNS yang mewakili tiap-tiap golongan jabatan.
Dalam kata sambutan tertulisnya, wali kota memgajak semua pegawai di jajaran Pemko Banda Aceh untuk mengambil hikmah dari acara hari ini. "Waktu terasa berjalan berjalan begitu cepat. Boleh jadi, di antara mereka yang pada hari ini memasuki masa purna tugas adalah rekan-rekan kerja kita yang rasanya baru kemarin berada pada satu kantor untuk melangsungkan pengabdian bersama-sama sebagai PNS." kata wali kota seraya menambahkan bahwa salah satu hikmahnya adalah kesadaran untuk memanfaatkan waktu dengan sebijak mungkin. 
Masa pensiun, lanjutnya, sering menimbulkan perasaaan tidak berguna bagi individu yang akan memasukinya, baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Pandangan negatif tentang pensiun menyebabkan individu cenderung menolak datangnya masa pensiun. 
"Suatu bentuk dinamika psikologis yang sering muncul pada saat kita memasuki masa pensiun adalah kecemasan. Namun dalam ajaran Islam, kata wali kota, tidak pernah ada istilah pensiun. Islam memandang sebenarnya tidak ada istilah pensiun bagi orang Islam.  Seorang tetap harus bekerja dan berkarya sampai akhir usianya, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 105." katanya pula.
Untuk itu, tambahnya, sebagai orang Islam seharusnya lebih siap memahami masa pensiun ini sebagai masa berhenti sebagai PNS, bukan berhenti sebagai makhluk sosial. Meskipun telah diberhentikan dari pekerjaannya, masih ada pekerjaan lain yang bisa dikerjakan untuk mengisi masa-masa pensiun itu.
"Salah satu yang dicontohkan Rasulullah SAW, beliau tetap menyiarkan Islam dan berdakwah. Ini bisa dilakukan oleh  pensiunan  terhadap anak-anaknya atau cucu-cucunya, memberikan siraman rohani bagi anggota-anggota keluarga dan lingkungannya.".
Di akhir sambutannya, wali kota atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh, mengucapkan terima kasih kepada para purna tugas atas pengabdian selama ini dalam menjalankan tugas sebagai PNS di lingkungan Kota Banda Aceh. 
"Kami sangat menghargai dedikasi, disiplin, dan loyalitas yang telah diberikan selama ini. Tidak lupa saya memohon maaf atas segala kekhilafan  dan kesalahan yang terjadi selama kita bersama-sama menjalankan pengabdian dan aktifitas kita di lingkungan pemerintah Kota Banda Aceh," kata Wali kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Plt Sekda.
Pada kesempatan itu, di antara tamu undangan terlihat hadir asisten Pemerintahan Drs Tarmizi Yahya, Kabag Humas Pemko Banda Aceh, Drs Marwan, para staf ahli wali kota, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (**)

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Pencak Silat Dan Jelajah Alam

Walikota Hadiri Malam Lepas Sambut Dandim 0101/BS

Wiranto Ambil Alih Jabatan Bambang Soeharto Di Hanura