KOTA BLANGPIDIE DISERBU RIBUAN PEMBELI, SEJUMLAH TITIK RUAS JALAN TERJADI KEMACETAN

Sejumlah kenderaan bermotor terjebak macet di persimpangan Simpang Ceurana Kota Blangpidie. Sabtu (26/7) foto Nizar
Blangpidie,Citra Aceh

Dua hari menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 H, kawasan pusat Kota Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjadi lautan manusia yang hendak berbelanja berbagai keperluan lebaran. Akibatnya, kemacetan akibat kesemrawutan mengunci arus lalu lintas di sejumlah titik ruas jalan.

Pantauan Citra Aceh, Sabtu (26/7) di Jalan At-Taqwa tepatnya di persimpangan Cerana Kota Blangpidie, ruas jalan semakin menyempit akibat dikuasai parkir kenderaan bermotor dan di Jalan Selamat Pusat Pasar Blangpidie   juga terlihat ratusan sepeda motor yang terparkir membuat kemacetan tidak bisa dihindari. 

Animo masyarakat untuk berbelanja Lebaran tahun 2014 ini memang cukup tinggi, namun sayang antusias masyarakat tersebut tidak dibarengi kesiapan petugas, terutama petugas perparkiran yang dinilai tidak mampu mengatur lonjakkan kenderaan bermotor.

Salah seorang warga, Acmadi,33, mengaku pusing dengan kondisi perparkiran di kawasan pusat kota itu. Namun ia terpaksa datang karena berbagai keperluan menjelang lebaran nanti,”Jika karena keperluan, saya mungkin tidak melewati jalan ini selain macet cari parkir susah, penuh dan desak-desakan,”katanya.

Acmadi yang menemani istrinya tersebut mengakui terpaksa terpaksa memarkir mobil di lahan parkir yang agak  jauh, sebab jika parkir di tempat parkiran yang ditentukan tukang parkir tersebut akan menambah kemacetan.

Petugas parkir di Jalan Selamat, Nyak Diwa, 35, kepada Citra Aceh mengatakan, kemacetan sudah terjadi sejak 3 hari belakangan."Setiap jelang Lebaran memang macet. Meningkatnya pengunjung pasar, banyak pula parkir sembarangan sehingga kita jadi kewalahan," jelasnya.

Penyebab macet, lanjut Nyak Diwa, disebabkan perilaku pengendara yang memarkir kendaraan di sembarang tempat. Selain itu, juga banyak pengendara yang melawan arus.”Kondisi itu diperparah tidak adanya petugas dari Dinas Perhubungan dan polantas yang mengatur lalu lintas,”jelasnya.

Kepala Dishubkominfo Abdya, Azhar, ST  ketika dicoba dikonfirmasi terkait kondisi tersebut melalui salulernya hingga beberapa kali dihubungi tidak menjawab telepon, begitu juga dengan Amrijal Sekretaris Dishubkominfo Abdya.(T.N)

Postingan populer dari blog ini

Wiranto Ambil Alih Jabatan Bambang Soeharto Di Hanura

Kecuali di Aceh, Jokowi-JK Bakal Larang Syariat Islam

TUGU BPD ACEH DIPERSIMPANGAN COT MANE TAK TERAWAT